Hubungan Tingkat Stres dengan Karakteristik Peserta OSCE UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Authors

  • Resti Rahmadika Akbar Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia
  • Ramadhani Nasir Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia
  • Jefri Henky Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56260/sciena.v2i4.101

Keywords:

Stress level, gender, age, material status, frequency following OSCE.

Abstract

Latar belakang: Objective Structured Clinical Examination (OSCE) salah satu format uji untuk mengetahui kompetensi keterampilan mahasiswa dan OSCE menjadi faktor yang memicu adanya stres pada mahasiswa.

Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat stres dengan karakteristik peserta OSCE UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Metode: Penelitian ini merupakan analitik korelatif dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode consecutive sampling, dengan jumlah sampel 51 orang. Penelitian ini dilakukan dengan populasi pada mahasiswa yang mengikuti OSCE UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah pada periode bulan November 2019. Tingkat stres diukur dengan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS). Pengolahan data menggunakan program SPSS 24.0. Analisis univariat jenis kelamin, usia, status pernikahan, tingkat stres, frekuensi mengikuti OSCE dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil: Karakteristik mahasiswa berdasarkan jenis kelamin terbanyak perempuan yaitu 38 orang (74,5%), usia 17-25 tahun mahasiswa terbanyak yaitu 39 orang (76,5%), status pernikahan terbanyak yaitu belum menikah 33 orang (64,7%), frekuensi mahasiswa terbanyak pengambilan pertama yaitu 46 orang (90,2%). Hasil analisis bivariat terdapat hubungan antara tingkat stres dengan jenis kelamin, umur dan status pernikahan dan frekuensi mengikuti OSCE, dengan nilai p<0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan jenis kelamin, usia, status pernikahan dan frekuensi mengikuti OSCE.

Author Biographies

Resti Rahmadika Akbar, Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

Bagian Pendidikan Kedokteran

Ramadhani Nasir, Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Jefri Henky, Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

Bagian Bedah Fakultas Kedokteran

References

. RISTEKDIKTI. Implementasi Uji Kompetensi Nasional Bidang Kesehatan sebagai langkah konkrit penjaminan mutu pendidikan tinggi kesehatan.

. Praptiningsih RS. Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Objective Structural Clinical Examination (Osce). ODONTO Dent J. 2016;3(2):88. doi:10.30659/odj.3.2.88-93

. Fidment S. The Objective Structured Clinical Exam (OSCE): A Qualitative Study Exploring the Healthcare Student’s Experience. Student Engagem Exp J. 2012;1(1):1-11. doi:10.7190/seej.v1i1.37

. Putri Amir D, Iryani D, Isrona L. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. J Kesehat Andalas. 2016;5(1):139-144. doi:10.25077/jka.v5i1.458

. Limen G, Runtuwene J, Wagiu C. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi UKMPPD OSCE dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. J Biomedik. 2018;10(3):159. doi:10.35790/jbm.10.3.2018.21981

. Inam SN, Saqib A AE. Prevalence of anxiety and depression among medical students of private university. J Pak Med Assoc. 2003;53(2):44-47. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12705482/.

. Prayitno SH, Ayu SM. Hubungan Antara Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Dengan Kejadian Stres Pada Koasisten Angkatan Tahun 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. J Insight Fak Psikol Univ Muhammadiyah Jember. 2018;000:60-73.

. Novitasari A, Lahdji A. Hubungan Tingkat Kecemasan dan Nilai Objective Structure Clinical Examination (OSCE) Blok Mahasiswa Kedokteran. Syifa’ Med J Kedokt dan Kesehat. 2019;9(2):51. doi:10.32502/sm.v9i2.1657

. Satrio. M. The Female Brain. Ufuk Press; 2007.

. Wettry Sagita, A. ., Rahmadika Akbar, R. ., & Anggraini, D. (2023). Gambaran Medical Student Syndrome Pada Mahasiswa Preklinik di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Scientific Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56260/sciena.v2i1.86

. Rachman T. Hubungan Efikasi Diri dengan Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) pada Mahasiswa Tahun Ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. 2018;2(2):10-27.

. Martono M PE dkk. Perbedaan gender dalam prestasi belajar mahasiswa Unsoed. 2010.

. Anggraini, D., Haiga, Y., & Maribeth, A. L. (2022, March). Pelatihan Peer-Councelor Sebagai Pendengar Aktif Pada Gejala Stres, Cemas dan Depresi. In Prosiding Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 2, No. 2, pp. 13-17).

. Gatot DB, Adisasmito W, Muhammadiyah RS. Di Instalasi Rawat Inap Rsud Gunung Jati Cirebon. Univ Stuttgart. 2005;9(1):1-8.

. S N. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

. N V. Gambaran Stres Kerja dan Faktor-Faktor yang Berhubungan dengannya pada Pengemudi Bis Patas 9B. 2008.

. TS S. Hubungan Kondisi Kerja Dan Karakteristik Individual dengan Stres Kerja Pada Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kls II B Lubuk Pakam 200. 2009.

. S A. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Tingkat Stres Kerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Grhasia. 2014.

. Jefri, M., Anggraini, D., & Oktora, M. Z. (2022). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Scientific Journal, 1(1), 36-45.

. Hawari D. Manajemen Stres Cemas Dan Depresi. Jakarta: FKUI; 2013.

. Thinagar M, Westa W. Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Udayana dan Implikasinya Pada Hasil Ujian. Intisari Sains Medis. 2017;8(3):181-183. doi:10.15562/ism.v8i3.122

. Hashmat S, Hashmat M, Amanullah F, Aziz S. Original Article Factors causing exam anxiety in medical students. Orig Artic. 2013;58(4):167-170.

. Sadock, Benjamin James dan Sadock VA. Gangguan ansietas. In: Kaplan & Sadock Buku Ajar Psikiatri Klinis. 2nd ed. Jakarta: EGC; 2010:230-233.

. Arundina A, Tejoyuwono T, Armyanti I, et al. Gambaran Evaluasi Penilaian Mahasiswa Program. 2015;4(3):109-114.

. Rozak A. Tingkat Stres Mahasiswa dalam Proses Mengerjakan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. J Psikol. 2014.

. Zauma SN. Kemampuan Mengelola Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi Angkatan 2009 Program Studi PG PAUD. 2013.

. Sudarya IW dkk. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi Jurusan Manajemen Undiksha Angkatan 2009. 2014.

. Indarwati. Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan. 2018.

. Wahyudi R, Bebasari E NE. Gambaran tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau tahun pertama. 2015.

. Nasir A MA. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar Dan Teori. 1st ed. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

. Agustiar, W, Asmi Y. Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XII SMA NEGERI “X” Jakarta Selatan. 2010. http://ejournal.esaunggul.ac.id/index.php.

. Hurlock E. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka; 2004.

. K F. Perbedaan adversity quotient pada mahasiswa yang mengikuti Objective Structured Clinical Skills Examination (OSCE) berdasarkan motivasi berprestasi. 2014.

. Ramadhany N, Khoiriyah U. Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Pasien Simulasi Dalam Ujian OSCE Di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. J Kedokt dan Kesehat Indones. 2011;3(8):21-30. https://journal.uii.ac.id/index.php/JKKI/article/view/6709.

. Akbar, R. R., Anissa, M., Pitra, D. A. H., Anggraini, D., & Hasni, D. (2020). Gambaran Pengalaman Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Semester I menggunakan Google Classroom. Health and Medical Journal, 2(1), 29-33.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Akbar, R. R., Nasir, R., & Henky, J. (2023). Hubungan Tingkat Stres dengan Karakteristik Peserta OSCE UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Scientific Journal, 2(4), 143–152. https://doi.org/10.56260/sciena.v2i4.101

Issue

Section

Research in Medical Education