Studi Eksplorasi Persepsi Dosen Pembimbing Klinik terhadap Dinamika Aktual Pembelajaran Klinik di Fasilitas Kesehatan

Authors

  • Widyandana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Assyifa Nur’aini Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Resti Rahmadika Akbar Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia
  • Naima Lassie Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56260/sciena.v4i3.202

Keywords:

Perception, Clinical Education, Clinical Instructors, Faculty Development Training

Abstract

 

Pendahuluan: Pembelajaran klinik merupakan fase krusial dalam pendidikan kedokteran yang bergantung pada peran dosen sebagai fasilitator. Namun, keterbatasan waktu, variasi kasus, dan minimnya pelatihan pedagogis kerap menjadi kendala. Tujuan: Mengeksplorasi persepsi dosen klinik terkait tantangan, strategi pembelajaran, serta pengalaman dan harapan terhadap pelatihan. Metode: Studi kualitatif deskriptif ini melibatkan 61 dosen pembimbing klinik Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahman Padang melalui survei daring saat pelatihan. Hasil: Sebanyak 27,9% belum pernah mengikuti pelatihan. Strategi dominan meliputi pendekatan kognitif (34,4%) dan penguatan soft skill (26,2%), sementara 24,6% tidak memiliki strategi khusus. Tantangan utama adalah keterbatasan waktu (31,1%) dan kesiapan mahasiswa. Dosen berharap mendapat pelatihan teknis (50,8%), peran perseptor (21,3%), serta komunikasi dan publikasi ilmiah (21,3%). Kesimpulan: Meskipun berpengalaman secara profesional, dosen masih menghadapi kesenjangan pedagogis. Diperlukan pelatihan teknis yang terstruktur dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran klinik.

Author Biographies

Widyandana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan,

Assyifa Nur’aini, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

Resti Rahmadika Akbar, Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

Departemen Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedoteran

Naima Lassie, Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia

Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedoteran

References

. Astuti VW, Kusumawat W, Afandi M. kompetensi pembimbing klinik dalam proses pembelajaran di Klinik. IOSR J Econ Financ. 2016;3(1):56. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the.

. Ramani S, Leinster S. AMEE Guide no. 34: teaching in the clinical environment. Med Teach. 2008;30(4). https://doi.org/10.1080/01421590802061613.

. Ramani S. How Preceptor Behaviour Shapes the Future of Medical Professionals. PMC. 2025.

. Mhango L, Jere D, Msiska G, Chorwe-Sungani G, Chirwa E. The roles and experiences of preceptors in clinical teaching of undergraduate nursing and midwifery students in Malawi. Malawi Med J. 2021;33(Postgraduate Iss):35-39. doi:10.4314/mmj.v33iS.7

. Orakzai GS, Sethi A, Victor G, Aamir HS. Clinical supervision: What do the supervisors and residents think? Prof Med J. 2020;27(11):2529-2536. doi:10.29309/tpmj/2020.27.11.4543

. de Wit TN, Taks N, van der Zee-van den Berg AI, Sadrzadeh S. Leerklimaat perceptie van aios en supervisors binnen de vernieuwde medische vervolgopleiding arts Maatschappij + Gezondheid. TSG - Tijdschr voor gezondheidswetenschappen. 2022;100(4):163-169. doi:10.1007/s12508-022-00367-6

. Frøysa KJ, Møllersen A, Alteren J. Etterveiledning — betydning for praksisveiledernes veiledningskompetanse. Nord J Nurs Res. 2013;33(4):23-27. doi:10.1177/010740831303300406

. Terry D, Nguyen H, Perkins AJ, Peck B. Supervision in healthcare: A critical review of the role, function and capacity for training. Univers J Public Heal. 2020;8(1):1-14. doi:10.13189/ujph.2020.080101

. Borders LD, Dianna JA, McKibben WB. Clinical supervisor training: a ten-year scoping review across counseling, psychology, and social work. Clin Superv. 2023;42. The Clinical Supervisor.

. Dorgham SR, Alfaraj E, Al-Mahmoud SA. Feedback on the Preceptor’s Experience Post-training: “A Quasi-experimental Design.” Open Nurs J. 2022;16(1):1-9. doi:10.2174/18744346-v16-e221117-2022-32

. RESTI RAHMADIKA AKBAR, R. R. A., MUTIARA ANNISA, M. A., DIAN AYU HAMAMA PITRA, D. A. H. P., DEBIE ANGGRAINI, D. A., & DITA HASNI, D. H. (2020). GAMBARAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MAHASISWA SEMESTER I MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM (DOKUMEN). HEALTH AND MEDICAL JOURNAL, 2(1).

. JEFRI, M., ANGGRAINI, D., & OKTORA, M. Z. (2022). VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PENILAIAN PEMBELAJARAN SKILLS LAB SECARA DARING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG. SCIENTIFIC JOURNAL, 1(1), 36-48.

. SAGITA, A. W., AKBAR, R. R., & ANGGRAINI, D. (2023). GAMBARAN MEDICAL STUDENT SYNDROME PADA MAHASISWA PREKLINIK DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH. SCIENTIFIC JOURNAL, 2(1), 24-37.

. AKBAR, R. R., PRANANDA, Y. P., ANGGRAINI, D., & HARIYANI, I. P. (2023). ANXIETY IN MEDICAL STUDENTS: IN TERMS OF THE INFLUENCE OF EFFICACY ASPECTS AND EMOTIONAL INTELLIGENCE. OPEN ACCESS MACED J MED SCI. 2023 MAR 09; 11 (E): 316-321.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Widyandana, Nur’aini, A., Akbar, R. R., & Lassie, N. (2025). Studi Eksplorasi Persepsi Dosen Pembimbing Klinik terhadap Dinamika Aktual Pembelajaran Klinik di Fasilitas Kesehatan. Scientific Journal, 4(3), 133–140. https://doi.org/10.56260/sciena.v4i3.202

Issue

Section

Research in Medical Education

Most read articles by the same author(s)