Studi Eksplorasi Persepsi Dosen Pembimbing Klinik terhadap Dinamika Aktual Pembelajaran Klinik di Fasilitas Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.56260/sciena.v4i3.202Keywords:
Perception, Clinical Education, Clinical Instructors, Faculty Development TrainingAbstract
Pendahuluan: Pembelajaran klinik merupakan fase krusial dalam pendidikan kedokteran yang bergantung pada peran dosen sebagai fasilitator. Namun, keterbatasan waktu, variasi kasus, dan minimnya pelatihan pedagogis kerap menjadi kendala. Tujuan: Mengeksplorasi persepsi dosen klinik terkait tantangan, strategi pembelajaran, serta pengalaman dan harapan terhadap pelatihan. Metode: Studi kualitatif deskriptif ini melibatkan 61 dosen pembimbing klinik Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahman Padang melalui survei daring saat pelatihan. Hasil: Sebanyak 27,9% belum pernah mengikuti pelatihan. Strategi dominan meliputi pendekatan kognitif (34,4%) dan penguatan soft skill (26,2%), sementara 24,6% tidak memiliki strategi khusus. Tantangan utama adalah keterbatasan waktu (31,1%) dan kesiapan mahasiswa. Dosen berharap mendapat pelatihan teknis (50,8%), peran perseptor (21,3%), serta komunikasi dan publikasi ilmiah (21,3%). Kesimpulan: Meskipun berpengalaman secara profesional, dosen masih menghadapi kesenjangan pedagogis. Diperlukan pelatihan teknis yang terstruktur dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran klinik.
References
. Astuti VW, Kusumawat W, Afandi M. kompetensi pembimbing klinik dalam proses pembelajaran di Klinik. IOSR J Econ Financ. 2016;3(1):56. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the.
. Ramani S, Leinster S. AMEE Guide no. 34: teaching in the clinical environment. Med Teach. 2008;30(4). https://doi.org/10.1080/01421590802061613.
. Ramani S. How Preceptor Behaviour Shapes the Future of Medical Professionals. PMC. 2025.
. Mhango L, Jere D, Msiska G, Chorwe-Sungani G, Chirwa E. The roles and experiences of preceptors in clinical teaching of undergraduate nursing and midwifery students in Malawi. Malawi Med J. 2021;33(Postgraduate Iss):35-39. doi:10.4314/mmj.v33iS.7
. Orakzai GS, Sethi A, Victor G, Aamir HS. Clinical supervision: What do the supervisors and residents think? Prof Med J. 2020;27(11):2529-2536. doi:10.29309/tpmj/2020.27.11.4543
. de Wit TN, Taks N, van der Zee-van den Berg AI, Sadrzadeh S. Leerklimaat perceptie van aios en supervisors binnen de vernieuwde medische vervolgopleiding arts Maatschappij + Gezondheid. TSG - Tijdschr voor gezondheidswetenschappen. 2022;100(4):163-169. doi:10.1007/s12508-022-00367-6
. Frøysa KJ, Møllersen A, Alteren J. Etterveiledning — betydning for praksisveiledernes veiledningskompetanse. Nord J Nurs Res. 2013;33(4):23-27. doi:10.1177/010740831303300406
. Terry D, Nguyen H, Perkins AJ, Peck B. Supervision in healthcare: A critical review of the role, function and capacity for training. Univers J Public Heal. 2020;8(1):1-14. doi:10.13189/ujph.2020.080101
. Borders LD, Dianna JA, McKibben WB. Clinical supervisor training: a ten-year scoping review across counseling, psychology, and social work. Clin Superv. 2023;42. The Clinical Supervisor.
. Dorgham SR, Alfaraj E, Al-Mahmoud SA. Feedback on the Preceptor’s Experience Post-training: “A Quasi-experimental Design.” Open Nurs J. 2022;16(1):1-9. doi:10.2174/18744346-v16-e221117-2022-32
. RESTI RAHMADIKA AKBAR, R. R. A., MUTIARA ANNISA, M. A., DIAN AYU HAMAMA PITRA, D. A. H. P., DEBIE ANGGRAINI, D. A., & DITA HASNI, D. H. (2020). GAMBARAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MAHASISWA SEMESTER I MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM (DOKUMEN). HEALTH AND MEDICAL JOURNAL, 2(1).
. JEFRI, M., ANGGRAINI, D., & OKTORA, M. Z. (2022). VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PENILAIAN PEMBELAJARAN SKILLS LAB SECARA DARING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG. SCIENTIFIC JOURNAL, 1(1), 36-48.
. SAGITA, A. W., AKBAR, R. R., & ANGGRAINI, D. (2023). GAMBARAN MEDICAL STUDENT SYNDROME PADA MAHASISWA PREKLINIK DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH. SCIENTIFIC JOURNAL, 2(1), 24-37.
. AKBAR, R. R., PRANANDA, Y. P., ANGGRAINI, D., & HARIYANI, I. P. (2023). ANXIETY IN MEDICAL STUDENTS: IN TERMS OF THE INFLUENCE OF EFFICACY ASPECTS AND EMOTIONAL INTELLIGENCE. OPEN ACCESS MACED J MED SCI. 2023 MAR 09; 11 (E): 316-321.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widyandana, Assyifa Nur’aini, Resti Rahmadika Akbar, Naima Lassie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.