Pengaruh Praktik Laboratorium Soft Skills Terhadap Kemampuan Refleksi Diri Mahasiswa Kedokteran
DOI:
https://doi.org/10.56260/sciena.v4i3.208Keywords:
Effectiveness, laboratory practice, medicine, self reflection, soft skillsAbstract
Latar Belakang: Skills Lab, atau laboratorium keterampilan klinis, merupakan fasilitas pendidikan yang dirancang untuk membantu mahasiswa kedokteran menguasai keterampilan klinis melalui simulasi sebelum berinteraksi langsung dengan pasien. Salah satu kompetensi utama yang dipelajari adalah komunikasi efektif, yang mencakup edukasi dan konseling. Aspek penting dalam komunikasi efektif meliputi kemampuan sambung rasa terhadap pasien, empati, keterampilan membuka dan menutup sesi, serta negosiasi dalam proses persetujuan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review dengan menganalisis 30 artikel yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa refleksi memiliki peran yang signifikan dalam proses pembelajaran mahasiswa kedokteran. Refleksi membantu mahasiswa menilai pengalaman dan respons emosional mereka secara kritis, terutama ketika terpapar pengaturan klinis sejak dini. Paparan ini memungkinkan mahasiswa untuk memahami lebih baik tantangan klinis, mengembangkan empati, dan membangun identitas profesional mereka sebagai tenaga kesehatan. Melalui praktik reflektif, mahasiswa dapat memperbaiki keterampilan komunikasi dan klinis mereka. Refleksi membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengambilan keputusan klinis, menyempurnakan kompetensi profesional, dan memperdalam pemahaman mereka tentang kebutuhan pasien. Selain itu, refleksi memungkinkan mahasiswa untuk mengelola emosi dalam situasi klinis dan membangun hubungan terapeutik yang lebih baik dengan pasien. Simulasi yang dilakukan di Skills Lab, didukung oleh praktik refleksi, menjadi pendekatan strategis dalam pendidikan kedokteran. Hal ini memastikan mahasiswa tidak hanya menguasai keterampilan teknis tetapi juga memiliki kepekaan dan empati yang diperlukan dalam memberikan perawatan pasien. Dengan demikian, refleksi tidak hanya mendukung pengembangan keterampilan komunikasi yang efektif tetapi juga menjadi landasan dalam membangun kompetensi profesional yang lebih holistik. Kesimpulan: Refleksi memainkan peran kunci dalam pendidikan kedokteran, membantu mahasiswa menjadi penyedia layanan kesehatan yang kompeten, berempati, dan siap menghadapi tantangan klinis nyata.
References
. Putra AS, Novitasari D, Asbari M, Purwanto A, Iskandar J, Hutagalung D, et al. Examine Relationship of Soft Skills, Hard Skills, Innovation and Performance: the Mediation Effect of Organizational Learning. Int J Sci Manag Stud. 2020;(June):27–43.
. Imperato A, Strano-Paul L. Impact of Reflection on Empathy and Emotional Intelligence in Third-Year Medical Students. Acad Psychiatry. 2021;45(3):350–3.
. Heydari S, Beigzadeh A. Medical students’ perspectives of reflection for their professional development. BMC Med Educ. 2024;24(1).
. Malik A, Ubaidillah M. Multiple Skill Laboratory Activities: How To Improve Students’ Scientific Communication and Collaboration Skills. J Pendidik IPA Indones. 2021;10(4):585–95.
. Paloniemi E, Mikkola I, Vatjus R, Jokelainen J, Timonen M, Hagnäs M. Measures of empathy and the capacity for self-reflection in dental and medical students. BMC Med Educ. 2021;21(1):1–7.
. Chamberland M, Beaudoin V, Boulais I, Bergeron L, St-Onge C, Dubé T. Exploring medical students’ use of principles of self-explanation and structured reflection during clerkship. Can Med Educ J. 2023;2(1):16–22.
. Fitria MA, Utami RY. Pengaruh Umpan Balik Menggunakan Video terhadap Refleksi Diri Mahasiswa pada Latihan OSCE di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. J Pandu Husada. 2020;1(2):89.
. Hidayah N, Surdam Z, Karsa NS, Fattah N, Arfah AI. Persepsi Mahasiswa Terhadap Clinical Skills Lab Di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2017 Address : Phone : Article history : Penerbit : Yayasan Citra Cendekia Celebes. 2024;03(02):86–93. Available from: https://www.researchgate.net/publication/379318388_Persepsi_Mahasiswa_Terhadap_Clinical_Skills_Lab_di_Fakultas_Kedokteran_Universitas_Muslim_Indonesia_Angkatan_2017
. Made Ayu Adesty Cahya Puspita M. Tingkat Kemampuan Refleksi Diri Dalam Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Al-Iqra Med J J Berk Ilm Kedokt. 2023;6(1):25–34.
. Polii VG, Wariki WM V., Wagiu CG. Tingkat Refleksi Pembelajaran Mahasiswa Angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Menggunakan Skala Reflection-In-Learning. eBiomedik [Internet]. 2020;8(1):68–73. Available from: https://doi.org/10.35790/ebm.8.1.2020.28396
. Firmansyah, Budiastuti VI, Maftuhah A, Hastami Y. Hubungan Antara Efektivitas Pelatihan Klinik dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Nilai OSCE Skill Lab Komunikasi. Plex Med J. 2024;2(6):241–53.
. Yong JL, Roberts G. Reflection and self-efficacy for clinical skills. Clin Teach. 2024;(July 2024):1–9.
. Widyandana W. Evaluasi Penugasan Clinical Reasoning dan Refleksi Mahasiswa di SKills Lab FK UGM. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2014;3(1):1.
. Leijenaar E, Eijkelboom C, Milota M. “An invitation to think differently”: a narrative medicine intervention using books and films to stimulate medical students’ reflection and patient-centeredness. BMC Med Educ [Internet]. 2023;23(1):1–9. Available from: https://doi.org/10.1186/s12909-023-04492-x
. Oktaria D, Sari DP, Soemantri D, Greviana N. Memfasilitasi Kemampuan Refleksi Diri Mahasiswa Kedokteran: Apa Dan Bagaimana? J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2022;11(3):340.
. Lestari SMP. Perbedaan Tingkat Refleksi Diri Dalam Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2019. J Ilmu Kedokt dan Kesehat. 2019;6(4):257–63.
. Bußenius L, Harendza S, van den Bussche H, Selch S. Final-year medical students’ self-assessment of facets of competence for beginning residents. BMC Med Educ [Internet]. 2022;22(1):1–8. Available from: https://doi.org/10.1186/s12909-021-03039-2
. Bubnys R. A journey of self-reflection in students’ perception of practice and roles in the profession. Sustain. 2019;11(1):1–17.
. Shafira NNA. Penerapan Refleksi Diri dan Self Evaluation Sebagai Keterampilan Dasar Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pada Mahasiswa Kedokteran. Jmj. 2015;3(1):60–7.
. Ulhaq ZS, Nasyroh FN, Aisa AN, Hidayatullah AA, Istifiani LA, Pamungkas SA, et al. The Impact of Online vs Blended Clinical Skill Laboratory Learning on Student Academic Performance: A Case Study in Indonesia. Am J Med Open. 2023;10(December 2022):100054.
. SAUNDERS PA, TRACTENBERG RE, CHATERJI R, AMRI H, HARAZDUK N, GORDON AS, et al. Promoting self-awareness and reflection through an experiential Mind-Body Skills course for first year medical students. Physiol Behav. 2018;176(1):139–48.
. Siahaya CI, Huwae LBS, Saija AF, Hataul II, Noija S. Hasil Penelitian HUBUNGAN KUALITAS BIMBINGAN INSTRUKTUR CLINICAL SKILL LAB ( CSL ) DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Univers. 2024;6(April):54–62.
. Hill M, Peters M, Salvaggio M, Vinnedge J, Darden A. Implementation and evaluation of a self-directed learning activity for first-year medical students. Med Educ Online. 2020;25(1).
. Shidid S, Abdelmajid H, Mekki P, Smith-Norowitz TA. Crafting the Future Doctor: Mentorship in the First Year of Medical School. Clin Med Res. 2024;22(3):127–30.
. Aryuni M. Psikoedukasi Soft Skill untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Keterampilan Mengelola Waktu dan Mengelola Stres pada Mahasiswa. J Kreat Online [Internet]. 2022;10(2):32–40. Available from: https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko/article/view/2279/1490
. Swadaya U, Jati G, Sulistiyana CS, Fauzan ZA, Permatasari TO, Khasanah U. Students Perception on Soft Skills in Faculty of Medicine ,. 2024;7(3):1–8.
. Mokhtar S, Emilia O, Suryadi E. Self-Reflection and Insight pada Mahasiswa Kedokteran dan Hubungannya dengan Persepsi terhadap Perilaku Profesional. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2013;2(3):188.
. Rupawan, I Kadek & Andini, Farah & Puspitasari I. Healthy Tadulako Journal ( Indah Puspasari K . D , Farah Andini J . J , I Kadek R : 39-44 ) PENDAHULUAN Pada saat ini seorang dokter dituntut untuk memiliki berbagai macam keterampilan untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada pasien . Menurut SKDI ter. 2019;5(1):39–44.
. Koesmawan A. Perbandingan Proses Pembelajaran Skill Lab Secara Daring Dengan Pengulangan Pembelajaran Skill Lab Secara Luring Pada Saat Ptmt. J Ilm Permas J Ilm STIKES Kenda. 2022;12(3):351–6.
. Saptenno LBE. Gambaran Performa Dokter Umum Dan Dokter Spesialis Sebagai Instruktur Skills Lab Di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. PAMERI Pattimura Med Rev. 2023;5(1):1–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Resti Rahmadika Akbar, Shinta Pratiwi , Aulia Cahya Madhani , Gadiza Usuludin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.