Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang
DOI:
https://doi.org/10.56260/sciena.v1i1.16Keywords:
Validitas, Reliabilitas, Pembelajaran Skills Lab DaringAbstract
Latar belakang : Perkuliahan dengan metode daring menjadi sarana utama sekaligus solusi agar tetap berlangsungnya proses belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19, khususnya dalam pembelajaran skills lab pada mahasiswa kedokteran yang membutuhkan praktik langsung agar tercapainya tujuan keterampilan klinik yang dibutuhkan, metode daring tidak sepenuhnya menguntungkan. Tujuan: Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner penilaian pembelajaran skills lab secara daring di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian ruang lingkup pendidikan dokter yang dilakukan pada bulan April 2020 - Februari 2021 pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental, deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian potong lintang didapatkan 86 sampel dengan teknik simple random sampling. Alat ukur penelitian menggunakan skala likert dan analisa data uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS. Hasil : Uji validitas pada 46 butir pertanyaan pada kuesioner didapatkan hasil sebanyak 13 pertanyaan dinyatakan tidak valid karena memiliki nilai rhitung < rtabel sebesar 0,276. Hasil uji reliabilitas kuesioner penelitian ini memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,920 dengan interpretasi sangat tinggi. Kesimpulan : Hasil penelitian uji validitas berupa pertanyaan yang dinyatakan valid sebanyak 33 butir pertanyaan dan hasil uji reliabilitas kategori reliabilitas sangat tinggi.
References
. Sugianto IM, Lisiswanti R. Tingkat self directed learning readiness (SDLR) pada mahasiswa kedokteran. Majority. 2016;5(5):27–31.
. Nyambe H, Mardiwiyoto H, Rahayu GR. Faktor- faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education. 2016 Jul;5(2):67–77.
. Endriani R, Nazriati E. Pendapat mahasiswa terhadap implementasi kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan problem based learning (PBL) di Fakultas Kedokteran Universitas Riau Pekan Baru. Jurnal Ilmu Kedokteran. 2009;3(1):10.
. Hardisman, Yulistini. Pandangan mahasiswa terhadap hambatan pada pelaksanaan skill lab di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2013 Nov;2(3):180–187.
. Panggabean AF, Natasha ASN. Gambaran performa instruktur skill lab program studi kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Jambi Medical Journal. 2016 Mei;4(1):15–27.
. Lisiswanti R, Saputra O. Refleksi dari pembelajaran laboratorium keterampilan klinik. Prosiding Seminar Presentasi Artikel Ilmiah Dies Natalis FK Unila ke 13; 2015 Okt 24; Bandarlampung.
. Oktavian R, Aldya RF. Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 2020;20(2):129–135.
. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka; 2016.
. Sugiyono. Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta; 2018.
. Rahayu S, Rahmawati T. Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kebutuhan Informasi Caregivers Keluarga (K-KICK). Dinamika Kesehata Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, Vol
. 10 No. 2 Desember 2019 http://ojs.dinamika kesehatan.unism.ac.id
. Pangondian RA, Santosa PI, Nugroho E. Faktor- faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS); 2019 Jan 26; Medan.
. Zhafira NH, Ertika Y, Chairiyaton. Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama masa karantina COVID-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. 2020;4(1):37–45.
. Saputra O, Lisiswanti R. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan klinik di institusi pendidikan kedokteran. JK Unila. 2015;5(9):104–109.
. Sibaroni, Yuliant, and Sri Suryani Prasetiyowati. "ANALISIS, DESAIN DAN EVALUASI KUISIONER EVALUASI PENGAJARAN." Prosiding Seminar Nasional Statistika| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran. Vol. 2. No. 1. 2011.
. Hidayatullah S, Khouroh U, Windhyastiti I, Patalo RG, Waris A. Implementasi model kesuksesan sistem informasi delone and mclean terhadap sistem pembelajaran berbasis aplikasi zoom di saat pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika. 2020;6(1):44–52.
. Hayati N. Metode pembelajaran daring / e-learning yang efektif.
. https://www.researchgate.net/publication/340478 043_METODE_PEMBELAJARAN_DARINGEL
. EARNING_YANG_EFEKTIF_A_Pendahuluan_ Sejarah_Elearning Diakses Agustus 2020.
. Hidayati K, Caturiyati. Validitas Konstruk (construct validity) dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Non-Kognitif. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
. Ristya W. Uji validitas dan reliabilitas dalam penenlitian epidemiologi kedokteran gigi. Stomatognatic (J.K.G. Unej) Vol 8 No.1 2011:27- 34. Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Rajawali Pers.
. Setiawan P, Danlen JV, Whittingham J. Instrument for evaluating clinical skill laboratory teacher’s didactical performance. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education. 2013 Jul;2(2):95–85.
. Sadiman A. dkk. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.
. Sari MS. Validitas dan Reliabilitas Metode Penilaian Student’s Oral Case Analysis (SOCA) pada Mahasiswa Tahap Sarjana Kedokteran. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 2 No. 2 Juni 2013.
. Koo TK, Li MY. A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research [published correction appears in J Chiropr Med. 2017 Dec;16(4):346]. J Chiropr Med. 2016;15(2):155-163. doi:10.1016/j.jcm.2016.02.012
. Cahyaningrum YD, Mulyaningrum U, Pravitasari. Validasi kuesioner evaluasi progress test pada mahasiswa tahap sarjana kedokteran Universitas Islam Indonesia. JK Unila. 2016 Okt;1:319–326.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Jefri, Debie Anggraini, Meta Zulyati Oktora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.