Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Terhadap Pelayanan RSI Siti Rahmah Pada Bulan Februari 2019

Authors

  • Elsa Dwika Putri Harni Universitas Baiturrahmah
  • Rika Amran Universitas Baiturrahmah
  • Sri Wahyuni Universitas Baiturrahmah

DOI:

https://doi.org/10.56260/sciena.v1i1.20

Keywords:

Tingkat Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan.

Abstract

Tingkat Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk dapat menilai mutu pelayanan sebuah rumah sakit. Banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional tentu akan dapat mempengaruhi jumlah kunjungan pasien, semakin banyak pasien yang berkunjung maka akan semakin banyak pula yang memberikan penilaian yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III terhadap pelayanan RSI Siti Rahmah Padang pada bulan Februari 2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas III RSI Siti rahmah dengan sampel 60 orang. Analisa univariat disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Analisa Bivariat digunakan dengan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pasien dengan kehandalan, jaminan, bukti langsung, empati, daya tanggap dengan nilai p=0,000 pada pasien rawat inap kelas III di RSI Siti Rahmah Padang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kepuasan pasien rawat inap kelas III terhadap pelayanan RSI Siti Rahmah Padang ditinjau dari dimensi mutu pelayanan yaitu kehandalan, jaminan, bukti langsung, empati, dan daya tanggap, namun karena terdapat sel bernilai “0” maka hanya dapat disimpulkan terdapat kecenderungan pasien merasa puas terhadap pelayanan tersebut.

Author Biographies

Elsa Dwika Putri Harni, Universitas Baiturrahmah

Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Rika Amran, Universitas Baiturrahmah

Dosen Fakultas Kedokteran

Sri Wahyuni, Universitas Baiturrahmah

Dosen Fakultas Kedokteran

References

. Undang-Undang RI No.44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009. www.hukumonline.com.

. Profil-Kesehatan-Indonesia-2016.pdf.

. Walansendow VL, Pinontoaan OR, Rompas SS, et al. e-journal Keperawatan (e-Kp) Fakultas Kedokteran Volume 5 Nomor 1, Mei 2017. Univ Sam Ratulangi. 2017;5. vlwalansendow@gmail.com.

. Article R. Patient Satisfaction Survey as a Tool Towards Quality Improvement. 2014;29(1):3-7.

. Hardi JON. Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap di RSUD Pasaman Barat. 2010. Universitas Andalas.

. RSI Siti Rahmah. Laporan Statistik Ruangan Rumah Sakit Bulan Januari Tahun 2018 di RSI Siti Rahmah Padang. 2018.

. RSI Siti Rahmah. Laporan Statistik Ruangan Rumah Sakit Bulan Februari Tahun 2018 di RSI Siti Rahmah Padang. 2018.

. RSI Siti Rahmah. Laporan Statistik Ruangan Rumah Sakit Bulan Maret Tahun 2018 di RSI Siti Rahmah Padang. 2018.

. RSI Siti Rahmah. Laporan Statistik Ruangan Rumah Sakit Bulan April Tahun 2018 di RSI Siti Rahmah Padang. 2018.

. RSI Siti Rahmah. Laporan Statistik Ruangan Rumah Sakit Bulan Mei Tahun 2018 di RSI Siti Rahmah Padang. 2018.

. RSI Siti Rahmah. Laporan Statistik Ruangan RSI Siti Rahmah Padang Tahun 2017. 2018.

. Idris E. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap RSUD Pariaman Tahun 2012. 2012.

. Djeinne Thresye Pangerapan, Ora Et Labora I. Palandeng AJMRI. Hubungan Antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. 2018;2(1):9-18.

. Respati SA. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Halmahera Kota Semarang.; 2015.

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Putri Harni, E. D. ., Amran, R., & Wahyuni, S. . (2022). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Terhadap Pelayanan RSI Siti Rahmah Pada Bulan Februari 2019. Scientific Journal, 1(1), 55–62. https://doi.org/10.56260/sciena.v1i1.20

Issue

Section

Research in Public Health

Most read articles by the same author(s)