Membangun Kesadaran dan Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja di Masjid Rahmatan Lil Alamin, Kota Padang

Authors

  • Budi Yulhasfi Febrianto Universitas Baiturrahmah
  • Dita Hasni Universitas Baiturrahmah

Keywords:

edukasi, kesadaran, penyalahgunaan narkoba, remaja

Abstract

Penyalahgunaan narkoba pada remaja di Indonesia menimbulkan kekhawatiran serius karena berdampak merusak pada kesehatan, pendidikan, dan masa depan generasi muda. Dampak negatif yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba pada remaja meliputi gangguan kesehatan fisik dan mental, penurunan prestasi akademik, perubahan perilaku, dan risiko terlibat dalam kejahatan atau pergaulan yang tidak sehat. Penyebab penyalahgunaan narkoba pada remaja melibatkan faktor sosial, ekonomi, keluarga, teman sebaya, dan kurangnya pemahaman tentang bahaya narkoba. Remaja yang berada dalam lingkungan yang tidak stabil, menghadapi tekanan sosial yang tinggi, atau terpapar oleh teman sebaya yang menggunakan narkoba rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Kurangnya pemahaman tentang bahaya narkoba dan pendidikan yang tidak efektif juga menjadi faktor yang berperan dalam penyalahgunaan narkoba pada remaja. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan yang komprehensif, termasuk pendidikan yang efektif, dukungan keluarga, pemahaman tentang bahaya narkoba, dan pengembangan kegiatan yang positif dan memotivasi bagi remaja.PKM ini bertujuan untuk Membangun Kesadaran dan Pemahaman tentang Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja di Masjid Rahmatan Lil alamin, Kota Padang. Edukasi yang dilaksanakan pada hari Rabu, 05 April 2023 pada 25 remaja yang berasal dari SMP dan SMA se-kota Padang di Masjid-Darul-Muttaqin telah berhasil meningkatkan pengetahuan remaja tentang Bahaya narkoba. Pengetahuan remaja yang mengikuti penyuluhan di masjid rahmatan lil alamain  telah meningkat. Diharapkan pengetahuan ini dapat meingkatkan kesadaran dan pemahaman remaja untuk mencegah dirinya terjerumus penyalahgunakan narkoba.

References

. Angga MYF & Eni H. (2018), Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Penggunaan Napza Di Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 6 No 1, Hal 1 – 7.

. Badan Narkotika Nasional (BNN), (2021). Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Remaja (diunduh 31 Maret 2023). Tersedia dari: https://sumsel.bnn.go.id/dampak-penyalahgunaan-narkoba-terhadap-remaja/

. Kemensos RI, (2022). Tantangan Penanganan Permasalahan Narkoba (diunduh 31 Maret 2023). Tersedia dari: https://kemensos.go.id/tantangan-penanganan-permasalahan-narkoba

. American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (5th ed.). Arlington, VA: American Psychiatric Publishing.

. Drug Enforcement Administration (DEA). (n.d.). Drug Scheduling. Diakses pada 14 Juni 2023, dari https://www.dea.gov/drug-scheduling

. National Institute on Drug Abuse (NIDA). (2021). Commonly Abused Drugs. Diakses pada 14 Juni 2023, dari https://www.drugabuse.gov/drug-topics/commonly-abused-drugs

. Badan Narkotika Nasional. (2021). Profil Penyalahguna Narkoba Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Badan Narkotika Nasional.

. Direktorat Narkotika Polda Sumatera Barat. (2021). Laporan Data Narkoba Sumatera Barat Tahun 2020. Padang: Polda Sumatera Barat.

. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). Pedoman Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

. Pemerintah Kota Padang. (2022). Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Kota Padang Tahun 2022-2027. Padang: Pemerintah Kota Padang.

Downloads

Published

2023-06-26